Wingko

LBT #18
Tema : Wingko

Alhamdulillah.. Akhirnya bisa ikut ngramein PR kali ini. Ini pertama kalinya aku bikin wingko. Meskipun wingko bukan makanan yang aneh lagi buatku, karna wingko ini berasal dari tanah leluhurku, tp sama sekali ga pernah kepikiran mau bikin sendiri. Hehehe… Makasih ya Jeung Host atas tantangannya.. ^_^

Ngerjain PRnya sampe ada acara remedial segala. Yang pertama terlalu keras, kurang santen dan kebanyakan tepung ketannya… Besoknya nyoba lagi, kali ini tepungnya setengah bagian dari kelapa parutnya, dan jumlah santannya ditambahin. Masih blom pas sih menurutku, terlalu lembut. Tapi rasa udah pas… kapan2 harus nyoba bikin lagi sampe dapet perbandingan bahan yang pas. Kalo tau bikinnya gampang banget, dari dulu2 aja deh nyoba2 cari komposisinya yang pas. Hehehe…

LBT #18

Ini resep yang aku pake kemarin..

WINGKO

Bahan :
1 butir kelapa setengah tua, parut kasar (kurleb 450 gr)
225 gr tepung ketan (emang tinggal segitu gitunya ^_^)
400 ml santan kental
200 gr gula pasir
1/2 sdt garam
1 lembar daun pandan
2 butir telur, kocok lepas
2 sdm margarine, cairkan
keju cheddar potong kotak kecil2

cara membuat :
1. rebus santan, garam dan daun pandan sampai mendidih. Dinginkan.
2. Campur kelapa parut, tepung ketan dan gula, aduk rata.
3. Dalam mangkuk lain, campurkan telur, margarin cair dan santan, aduk rata.
4. Tuang campuran santan ke dalam campuran tepung, aduk rata. Masukkan keju cheddar yg telah dipotong kecil, aduk rata.
5. Panaskan cetakan (aku pake cetakan apem), olesi minyak goreng. Setelah cetakan panas, tuang 2 sdm adonan ke dalamnya. Bakar adonan dengan api kecil sampai satu sisi wingko kecoklatan (kurleb 15 – 20 menit), lalu balik dan bakar sisi lainnya sampai kecoklatan.
6. Angkat, panas2 oles permukaan wingko dengan minyak goreng atau margarine agar permukaannya tidak kering. Dinginkan dan sajikan dengan teh hangat atau kopi panas. Hhmmmm…

Selamat mencoba, happy baking dan salam LBT…

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s