Melonpan

PR yang ga sempet disetorin bulan kemaren… ga pa2 deh absen ga setor, yg penting ga absen ngerjain PRnya..🙂

LBT #14

resepnya cookiesnya dari sini : http://home-baking.net/english/bread/melon-bread.php

sedangkan resep rotinya coba2 pengen pake resep tang zhong, resepnya aku liat di sini : http://vivianpangkitchen.blogspot.com/2011/03/loaf-bread-water-roux-method.html

ini dia resepnya…

Melonpan / Melon Bread

Bun Dough
~Water Roux/ Tangzhong Starter
50g bread flour
250ml water

~Bread Dough
(A)
120g water roux starter (saya, 180 gr)
110ml water(milk) (saya, 160 ml susu UHT)
55g sugar (saya, 80 gram)
5g salt

(B)
350g bread flour (saya, 525 gr)
7g milk powder (saya, 10,5 gr)
6g yeast (saya, 9 gr)

(C)
30g oil/ butter (saya, 45 gr butter)

Methods:
~ Water Roux/ Tangzhong Starter
1. Campur tepung dan air, aduk rata sampai campuran ini halus. Masak dengan api kecil sampai mengental, sekitar 2-3 menit.

2. Matikan api. Tutup dengan plastik wrap, dinginkan. Ini dimaksudkan agar permukaan adonan tidak kering.

~ Bread Dough
1. Campurkan bahan A.
2. Lalu masukkan bahan B. Uleni hingga tercampur rata. Perhatikan kelembaban adonan, jika terlalu kering, tambahkan air.

3. Lalu masukkan butter, uleni hingga kalis elastis. Tutup dan istirahatkan selam kurang lebih 45 menit.

4. Kempeskan, bagi adonan seberat 50 gr, bulatkan dan istirahatkan selama 10 menit.

5. Isi adonan (bila menggunakan isian), bulatkan lagi dan istirahatkan selama kurang lebih 45 menit.

Cookie Dough

40 gr butter (saya, 100 gr)
40 gr sugar (saya, 100 gr)
40 gr egg (saya, 100 gr)
grated lemon zest (saya ga pake)
1 drop lemon essence (saya, ga pake)
120 g cake flour (saya 300 gr)
1,5 tsp baking powder (saya, 1 sdt)

Topping
granulated sugar

Cara membuat :
1. kocok butter dan gula hingga lembut, masukkan tekur, kocok rata.

2. masukkan terigu yg sudah diayak bersama baking powder, aduk dgn spatula smp rata.

3. bagi adonan seberat 30 gr. bulatkan. simpan dlm lemari es.

4. pipihkan adonan, lalu tutup adonan roti dengan adonan cookies. kerat2 permukaannya dan masukkan ke gula pasir tekan lembut agar gula pasir menempel.

5. letakkan di atas loyang, oven dengan suhu 200 derajat celsius selama 12-15 menit.

Selamat mencoba, happy baking dan salam LBT… ^_^

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

