English Muffin

LBT #13
Tema : English Muffin

Alhamdulillah, kita sampai di PR ke 13, the lucky number *sama ma nomor rumahku*… ^_^

PR kali ini temanya English Muffin. Pertama tau si EM ini liat di brosur McD.. Tapi blom sempet nyobain, udah keburu jadi PR. Pas baca deskripsi PRnya langsung seneng, soalnya ada kata2 “sejenis roti”… Paling bikin yg sejenis2 roti gini, karena bisa buat sarapan dan bekal sekolah atau ke kantor.. Dan ternyata bikinnya pun ga ribet. Ga kapok deh bikin lagi dan lagi…🙂
LBT #13(1)
sumber resepnya dari link yang dikasih host Vivi : http://www.youtube.com/watch?v=B6WoZpBFo40English MuffinBahan :
1 bungkus ragi instan —– aku, 1/2 bungkus
1 cup (250 ml) air hangat kuku
2 sdm gula pasir ———— aku, 1 sdm
1 cup (250 ml) susu —— aku, 150 ml, panaskan sampe hangat aja
3 sdm butter ————— aku, 50 gram, lelehkan
1 sdt garam
5 cup (700 gr) ————- aku, 400 gr tepung terigu protein tinggi dan 200 gr tepung protein sedang
corn meal ——————– aku, tepung beras, untuk taburan

Cara membuat :
* Larutkan ragi instan, gula pasir dan air hangat, diamkan kurang lebih 5 menit.
* Campurkan susu hangat, garam dan butter yg telah dilelehkan, aduk rata, sisihkan.
* Setelah larutan ragi berbusa, masukkan campuran susu dan tepung terigu. Uleni hingga kalis kurang lebih 10 menit.
* Tutup mangkuk adonan dengan plastik wrap, istirahatkan sampai adonan mengembang 2x semula.
* Keluarkan dari mangkuk, letakkan di atas meja yang sudah ditaburi tepung agar tidak lengket.
* Gilas adonan setebal kurang lebih 1 cm, cetak dengan menggunakan cookies cutter berbentuk lingkaran (aku pake mulut gelas), lalu tata adonan yg sudah di setak tadi di atas loyang yg sudah ditaburi corn meal atau tepung beras dan taburi juga permukaannya.
* Tutup dengan serbet bersih, dan istirahatkan lagi kurang lebih 5 – 10 menit.
* Panggang di atas wajan teflon dengan api kecil kurang lebih selama 10 menit atau sampai matang. Bolak balik agar tidak gosong.
* Sajikan dengan dioles selai favorit keluarga, dibuat sandwich atau sesuai selera.

LBT #13
untuk 23 buahselamat mencoba….
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s