Roti Kentang Keju

Edisi kerajinan bikin PR. Sampe bikin 2 kali… hehehe… Alhamdulillah bisa ngerjain PR lg dengan senang hati… soalnya sukaaaa banget bikin roti, camilan yang mengenyangkan… bisa buat sarapan juga, jd kalo abis bikin roti, aku ga perlu kelabakan nyiapin menu sarapan bwt suami & habi… ^_^

LBT #10

Tumben kerajinan bikin PRnya… Biasanya bikin PR seringnya pas diujung2 waktu setor PR… Tapi kali ini, begitu PR diumumin, beberapa hari kemudian langsung dikerjain… :p
Udah gitu lagi semangat juga nyobain bikin roti yang dimacem2in… hehe… Tapi gara2 sok hafal resep, air yang harusnya 100 ml, dengan PDnya aku tuangin 200 ml air ke adonan dan ga pake acara sedikit2… Byuuuuuuurr… Kebingungan pas liat adonan rotinya lengkeeeeeet banget, sampe udah ditambahin tepung lg tetep lengket. Akhirnya nyerah… aku coba proofing, alhamdulillah ngembang sempurna… Hasil rotinya empuuuk bgt *ya iya laaahh, adonannya aja lembek banget begitu*
Tapi jadinya ga kokoh, ga bisa menul2… hiks… gpp lah, yang penting rasanya kan… ^_^

Resep rotinya dari sajian sedap, dari 3 resep roti yang berbeda…. *kurang kerjaan* ^_^

Untuk adonan rotinya aku pake resep Mini Potato Bread (http://www.sajiansedap.com/recipe/detail/1403)

Fillingnya dari resep Hole Cheese Bread Mexico Topping (http://www.sajiansedap.com/recipe/detail/9936)

Dan toppingnya dari resep Roti Keju (http://www.sajiansedap.com/recipe/detail/8495)

Ternyata roti kentang tu enak yaaa… hehe…

Karna ga layak tayang, pas rotinya udah abis, aku langsung bikin lagi… Niat banget kan??Tadinya rotinya mo dibentuk2 macem2, tapi rasanya udah cape banget jd dibikin sesimpel mungkin… Fillingnya juga ga macem cuma kuisi keju slice yang dipotong2 dan easy melt chocolate… Roti biasa aja begini tetep laris manis, habis dalam waktu ga nyampe 24 jam… padahal jadinya buanyak bgt, sekitar 38 potong… Seneng rasanya klo bikin makan dan cepet habis… Cape2 jd ilang…

LBT #10 (1)

Pada dasarnya resep roti hampir sama semua bahan dan tekniknya… Jadi resep rotiku ini ukurannya suka2 aku aja, menyesuaikan bahan yg ada, yang kebetulan semua serba pas2an… hehe…

ini resepnya ya, teman2….🙂

bahan :
450 gr tepung terigu protein tinggi
150 gr tepung terigu protein sedang
125 gr gula pasir
8 gr ragi instan
4 kuning telur
300 ml air hangat kuku
1/2 sdt garam
125 gr mentega

filling :
easy melt chocolate
keju slice, potong2

olesan :
1 kuning telur, dicampur dengan 2 sdt susu cair

Cara membuat :
1. campur semua bahan kering, kecuali garam. aduk rata.
2. masukkan kuning telur dan air hangat, uleni sampai tercampur rata.
3. masukkan garam dan mentega, uleni lagi sampai kalis elastis.
4. bulatkan adonan, istirahatkan sampai adonan mengembang 2x semula.
5. kempiskan, timbang adonan masing2 30 gram, beri bahan filling, bulatkan dan letakkan di atas loyang yang telah dioles margarin.
6. istirahatkan lagi adonan sampai mengembang, kurang lebih 30 – 45 menit.
7. oles adonan roti dengan bahan olesan dan panggang dalam oven suhu 190 derajat celsius selama kurang lebih 12 – 15 menit.
8. roti siap dihidangkan….🙂

catatan :
adonan rotinya agak lembek dan lengket, tp hasilnya empuuuuk banget…

selamat mencoba

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s