Japanese Roll Cake

Alhamdulillaah… Yeeeeaahh… I did it!!

Meskipun belum sempurna, tapi udah seneeeeng banget bisa menaklukkan tantangan dari Host kali ini…. Motifnya ga berani bikin yang neko-neko. Takutnya gagal, bisa nangis jingkrak-jingkrak nanti…. ^_^

Lbt #20

Tantangan LBT #20 kali ini adalah Japanese Roll Cake. Sebenernya udah lama kepengen nyobain resep yang satu ini. Tapi rasa galau sering kali melanda kala membaca resepnya yang aduhai panjangnya. Hihihi…😀

Karna akhirnya JRC ini dijadiin PR, jadi mau ga mau, suka ga suka, galau ga galau ya wajib dikerjain. Awalnya ragu-ragu banget, mengingat beberapa teman yang udah bikin JRC ini pada gagal. Malah ada yang sampe remedial 3x masih aja gagal. Tapi setelah mulai mengocok adonan, kok tiba-tiba jadi sangat semangat yaaa… Apalagi pas mulai bikin motif di dasar loyangnya. Menyenangkan sekali…🙂

Sayangnya step by step proses bikinnya ga aku dokumentasikan. Baru kepikiran pas loyangnya udah keluar dari oven. *Haddeeeeuuuhh…*

Ini penampakan JRC yang baru keluar dari oven. Rasanya deg degan banget pas mau ngebalik cakenya. Hehee…

Jrc 7

Setelah dibalik dan kertas rotinya dilepas, ini dia hasilnya. Ada motif yang ketarik kertas rotinya, jadi agak codet deh motifnya.

Jrc4Karna merasa cake pertama kurang sempurna dan kebetulan adonan warnanya masih banyak, udah gitu didukung dengan semangat masih sangat menyala-nyala, aku putusin ngocok adonan kedua. Alhamdulillah cake kedua motifnya selamat semua…🙂

Jrc6Setelah itu proses selanjutnya adalah mengoleskan filling dan menggulungnya.

Jrc3Jrc2Jrc1Aku pake resepnya Mbak Rachmah Setyawati (matur nuwun sanget resep ipun nggih, Mbaaaakk…)
Semua aku contek persis resepnya, kecuali jumlah kuning telurnya dan motifnya ga aku masukin freezer tapi dibake.
Ternyata 1 resep itu kemaren butuh 5 butir telur, tapi kuning telurnya yg dipake cuma 4. Karna aku males nyimpen2 kuning telur, jadi kemaren ta’cemplungin aja sekalian….😀

Ini resepnya, aku ijin copas ya, Mbak Rachmah….

Japanese Roll cake
by Mbak Rachmah

Bahan-bahan :
Adonan I
4 butir kuning telur (aku, 5 kuning telur)
40 gr gula pasir
40 cc minyak goreng
60 cc air
80 gr tepung terigu

Adonan II
150 gr putih telur
40 gr gula pasir
15 gr tepung maizena
1/2 sdt garam (resep asli ga pake)
1/2 sdt vanilla (resep asli ga pake)

Adonan untuk membuat motif :
40-50 gr putih telur
10 gr gula pasir
5 gr tepung maizena

Pasta Greentea (ga pake)
Paste Lemon (ga pake)
Pewarna kuning telur (aku pake pewarna kuning, hijau dan ungu)

Filling :
Fresh Cream dingin, non dairy, kocok hingga agak mengembang, tambahkan 1 sdt pasta greentea, kocok lagi hingga soft peak. Siap digunakan sebagai filling.

(aku pake BC + keju parut aja)

Cara Membuat :
1. Panaskan oven dengan suhu 170 – 175 derajat celcius.
2. Buat bahan adonan I
kocok kuning telur dan gula pasir hingga mengembang kental. Kocok speed sedang, tambahkan minyak goreng hingga habis, kocok hingga rata, tambahkan air sedikit demi sedikit, kocok rata.
3. Masukkan tepung terigu, sambil tetap dikocok speed sedang, kocok hingga rata dan kental. Sisihkan.
4. Buat adonan MOTIF.
Kocok putih telur dan sebagian gula pasir hingga mengembang , tambahkan sedikit lagi hingga habis sisa gula pasirnya, sambil tetap dikocok speed rendah, kocok hingga mulai soft peak. Masukkan tepung maizena ke dalamnya, kocok sebentar hingga tercampur rata kental/soft peak, jangan sampai hardpeak. Matikan mixer.
5. Ambil sebagian adonan I, kira2 4-5sdm, masukkan ke dalam adonan bahan untuk membuat motif, aduk ringan merata. Bagi menjadi tiga bagian, beri pewarna, aduk rata. Masukkan ke dalam piping bag, sisihkan.
6. Siapkan 1 bh loyang ukuran 22X22X5cm atau 1 bh ukuran 24X24cm (bila ingin agak tipis cakenya). Poles bagian bawah dan pinggiran loyang tipis saja dengan sedikit butter/margarin (hanya untuk melengketkan kertas roti saja).
Lalu tutupi/beri alas kertas roti pd bagian dasar dan pinggiran loyang, tidak usah dipoles mentega/margarin lagi. Buat motif yg diinginkan di alas loyang yang telah dialasi kertas roti.
Setelah rapi dan selesai semua motif, panggang motif selama 1 menit. Keluarkan dan sisihkan.
7. Buat adonan II
Kocok putih telur + sebagian gula pasir + garam,
hingga mengembang, tambahkan sisa gula pasir, kocok lagi hingga soft peak. Masukkan tepung maizena, kocok rata.
8. Ambil sebagian adonan putih telur (adonan II), masukkan ke dlm adonan I, aduk ringan merata. Tambahkan sisa semua adonan II, aduk ringan merata.
9. Ambil loyang yg telah diberi motif, tuangkan adonan cake di atasnya. Ratakan, hentakkan pelan bbrp kali loyang adonan untuk meratakan adonan hingga ke dasarnya.
10. Panggang dengan suhu sekitar 170-175 derajat celcius kurang lebih 15-20 menit/hingga matang kecoklatan permukaannya.
11. Setelah matang, keluarkan cake dari loyang, lepas kertas roti hati-hati, biarkan hingga dingin/uap panas hilang.
12. Saat cake sudah dingin. Poles bagian permukaan atas cake (bagian yg kecoklatan) dengan bahan filling agak tebal , lalu gulung rapi , bungkus rapat dgn kertas roti penggulungnya. Simpan sejenak di lemari es hingga set/keras.
Siap disajikan.

Catatan dikit yaaaa…
* Buat motif jangan terlalu tipis. Soalnya nanti sebagian motif akan menempel di kertas roti. Kalo terlalu tipis, ntar abis dong kebawa ma kertas rotinya. Jadi bikin motifnya yang tebel yaaahh… Tapi kayaknya catatan ini ga berlaku klo pake alas silpat ato silicon.😀
* Menuangkan adonan jangan sekaligus, tapi lakukan pelan-pelan, biar motifnya ga mleber… *kemaren sempet nyoba langsung dituangin krn buru-buru, Dan hasilnya motif terbawa arus adonan… hehehehe…*
* Suhu oven dan lama pemanggangan harus bener-bener diperhatiin yaaa… Kalo ga mau permukaan bagian bawahnya kecoklatan, ntar jadi ga cantik lagi dong…🙂
* Melepas kertas roti jangan sambil marah2 ya, Ibu2… Harus dengan kelembutan dan kesabaran yang luar biasa. *lebay*
Pokoknya harus ati2 banget nyopot kertas rotinya. Kemaren aku harus pake alat bantu (pisau atau scraper ato kape) pokoknya yang tipis dan bisa nyelip diantara cake dan kertas roti. Trus tiap mau narik kertasnya si pisau bertugas menahan motif biar ga ikut ketarik. Semoga mengerti dengan kalimat sayah…😀
* Terakhir, kerjakan dengan senang hati dan tulus yaaahh… Biar hasilnya cantik ^_^

jrc5Kalo baca resepnya yang panjang itu, kayaknya ribet sangat yaaahh… Tapi percaya deh, klo dipraktekin, ternyata ga seribet ngebacanya. heheee….

Selamat mencoba…. ^_^

 

 

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s