Chocolate Molten Cake

LBT #3 Chocolate Molten Cake
Sumber : kalo ga salah dari SEDAP

Sampe kemaren, masih bingung mo bikin apa bwt PR LBT#3. Soalnya kalo bikin yang bener-bener BUTTER CAKE yang kata orang-orang kue bolu itu, udah pasti ga ada yang mau ngabisin… Pas udah mulai putus asa, tiba-tiba inget kalo cake yang sering banget aku bikin ini metodenya pake metode butter cake.. Dan udah pasti laris di rumah.. Yo wis lah, aku putusin bikin cake ini aja.

LBT #3

Maaf, sumber resepnya aku lupa, aku dapet resepnya dari adikku yang katanya kalo ga salah dia baca dari SEDAP. Judul aslinya pun aku ga tau, aku sering nyebut cake ini “volcano” karena mirip sama volcano yang di PH itu… Tapi untuk PR LBT #3, aku kasih nama CHOCOLATE MOLTEN CAKE. Ini resepnya….

CHOCOLATE MOLTEN CAKE
by : Anugerah Febriana Purwanti (172)

Bahan filling :
50 gr cream kental ====> aku 175 gr
75 gr DCC ====> aku 250 gr

Bahan cake :
30 gr coklat bubuk (aku pake tulip bordeaux)
75 ml air panas
200 gr mentega tawar (aku pake orchid)
200 gr gula pasir halus
1/4 sdt garam
4 butir telur
225 gr tepung terigu serbaguna (aku pake segitiga biru)
1 1/2 sdt baking powder (aku 1 sdt BPDA)

Cara membuat :
Filling :
Panaskan cream kental, matikan api. Masukkan DCC yang sudah dipotong kecil-kecil. Aduk rata sampai semua DCC mencair. Dinginkan dalam lemari es.
====> aku semua bahan dimasukkan dalam mangkok kaca, lalu ditim.

Cake :
1. Campur coklat bubuk dan air panas, aduk rata. Sisihkan.
2. Ayak tepung terigu dan baking powder, sisihkan.
3. Kocok mentega, garam dan gula sampai lembut.
4. Masukkan telur satu per satu, kocok sampai tercampur rata.
5. Masukkan tepung terigu yang sudah diayak, sedikit-sedikit bergantian dengan larutan coklat bubuk, diawali dan diakhiri dengan tepung terigu. Kocok perlahan atau aduk sampai rata.
6. Tuangkan 1 sendok makan adonan ke dalam cup (aku pake cup muffin diameter alas 5cm tinggi 3,5 cm), oven selama 5 menit.
7. Masukkan 1 sendok teh bahan filling beku, lalu tutup dengan 1 sendok makan adonan.
8. Panggang dalam oven 180 derajat celcius selama kurang lebih 20 menit.
9. Sajikan dengan ditaburi icing sugar (optional) atau es krim.

Rasanya???

Jangan ditanya… Nyoklaaaaaattt banget.. Cocok sekali untuk penggemar coklat.
1 resep ini untuk +- 12-13 cup ukuran standard.

SELAMAT MENCOBA & HAPPY BAKING….. ^_^

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s