Apem Bakar

LBT#5
Tema : Kue Tradisional yang Dipanggang

Tantangan LBT kali ini adalah kue tradisional yang dioven/dipanggang… duuuh, sempet bingung juga karna pengetahuan yg msh sangat kurang… aku tau nya kue tradisional banyakan yg dikukus, tp setelah gaul di group ternyataaaaaa…. buuuanyak ya kue tradisional kita itu, dan cara membuatnya pun bermacam-macam…

Sempet berencana bikin ini bikin itu, tapi kok susah ya.. trus blom lagi takut orang rumah ga suka, dan kekhawatiran2 lainnya…🙂
Tiba2 kok inget almarhumah Eyang… Dulu Eyang sering banget bikin Apem. Masih inget juga dulu Eyang pernah bilang kalo perempuan Jawa harus bisa bikin apem, karena apem itu sudah seperti kue yang wajib ada di setiap acara atau upacara2 adat di Jawa sana….
LBT #5
Resep asli apem bakar ini memakai tepung beras, sehingga tekstur kuenya padat dan mengenyangkan… Dan kata ibu, dulu Eyang kalo bikin apem pake tape nasi… duuuuhh, ga sempet bikin tape nasinya, aku pake tape singkong aja… dan tepungnya aku campur dengan tepung terigu, biar apemnya lebih lembut…
setelah percobaan pertama yang gagal karna ga bersarang kuenya, di percobaan yg kedua ini alhamdulillah ketemu juga tekstur apem yang aku harapkan… agak padat tapi empuk dan lembut, dan bersarang… buat temen2 yg pengen coba bikin, ini resepnya….

APEM BAKAR
By : Anugerah #169

Bahan :
125 gr tepung beras
125 gr tepung terigu serba guna
125 gr gula pasir

2 sdt ragi instan
200 gr tape singkong, hancurkan
250 ml air
2 butir telur, kocok lepas
250 ml santan yang aku rebus dengan menambahkan daun pandan tambahkan sedikit garam

keju parut, untuk taburan (optional)

Cara membuat :
* Campur tepung beras, tepung terigu, gula pasir dan ragi instan, aduk rata.
* Masukkan tape singgkong yang sudah dihancurkan, uleni sampai rata.
* Tuangkan air, aduk rata dan pukul2 adonan selama kurang lebih 10 – 15 menit.
* Diamkan adonan semalaman.
* Setelah adonan mengembang 2x semula, masukkan telur yg sudah dikocok lepas dan santan. aduk rata.
* Panaskan cetakan apem sampai benar2 panas, tuangkan adonan, tunggu sampai berlubang2 kecil lalu beri parutan keju bisa suka, kemudian tutup cetakan.
* Panggang hingga matang.
* Boleh juga apemnya dibalik untuk mendapatkan efek kecoklatan di permukaannya.

cocok banget buat teman minum teh atau kopi di sore hari…
Selamat mencobaaaa… Happy baking dan salam LBT ^___^

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s