Wingko

LBT #18
Tema : Wingko

Alhamdulillah.. Akhirnya bisa ikut ngramein PR kali ini. Ini pertama kalinya aku bikin wingko. Meskipun wingko bukan makanan yang aneh lagi buatku, karna wingko ini berasal dari tanah leluhurku, tp sama sekali ga pernah kepikiran mau bikin sendiri. Hehehe… Makasih ya Jeung Host atas tantangannya.. ^_^

Ngerjain PRnya sampe ada acara remedial segala. Yang pertama terlalu keras, kurang santen dan kebanyakan tepung ketannya… Besoknya nyoba lagi, kali ini tepungnya setengah bagian dari kelapa parutnya, dan jumlah santannya ditambahin. Masih blom pas sih menurutku, terlalu lembut. Tapi rasa udah pas… kapan2 harus nyoba bikin lagi sampe dapet perbandingan bahan yang pas. Kalo tau bikinnya gampang banget, dari dulu2 aja deh nyoba2 cari komposisinya yang pas. Hehehe…

LBT #18

Ini resep yang aku pake kemarin..

WINGKO

Bahan :
1 butir kelapa setengah tua, parut kasar (kurleb 450 gr)
225 gr tepung ketan (emang tinggal segitu gitunya ^_^)
400 ml santan kental
200 gr gula pasir
1/2 sdt garam
1 lembar daun pandan
2 butir telur, kocok lepas
2 sdm margarine, cairkan
keju cheddar potong kotak kecil2

cara membuat :
1. rebus santan, garam dan daun pandan sampai mendidih. Dinginkan.
2. Campur kelapa parut, tepung ketan dan gula, aduk rata.
3. Dalam mangkuk lain, campurkan telur, margarin cair dan santan, aduk rata.
4. Tuang campuran santan ke dalam campuran tepung, aduk rata. Masukkan keju cheddar yg telah dipotong kecil, aduk rata.
5. Panaskan cetakan (aku pake cetakan apem), olesi minyak goreng. Setelah cetakan panas, tuang 2 sdm adonan ke dalamnya. Bakar adonan dengan api kecil sampai satu sisi wingko kecoklatan (kurleb 15 – 20 menit), lalu balik dan bakar sisi lainnya sampai kecoklatan.
6. Angkat, panas2 oles permukaan wingko dengan minyak goreng atau margarine agar permukaannya tidak kering. Dinginkan dan sajikan dengan teh hangat atau kopi panas. Hhmmmm…

Selamat mencoba, happy baking dan salam LBT…

Advertisements
Posted in Uncategorized | Tagged , , , | Leave a comment

CAKE POPS

Tema PR kali ini pas banget deh… Pas bertepatan sama liburan anak2.. Cocok banget dikerjain bareng ma bocah2… hehehe…. ^_^
Kebeneran banget temanya cake pops, udah pgn nyoba bikin RVC, tp maju mundur terus. Pas PR diumumin kemaren, udah ga pake mikir2 lg deh langsung mutusin bikin Red Velvet cake pops aja…
Cake popsnya kurang ceria yaaahh… Abis Habi ga suka kue2 yg pake coklat2 yg ga “COKLAT”… *Haduuuhh gimana sih ini bahasanya?*

Tadinya sih cake popsnya mau dicelupin coklat warna warni biar ceria, tapi Habi ga mau… Ya udah deh, ngalah aja… Cake popsnya dicelupin DCC aja. Ada Cadbury Dairy Milk nganggur di meja, dilelehin aja buat corat coret cake popsnya… πŸ˜€

LBT #16
Resep Red Velvet Cakenya aku nyontek dari Joy of baking..Red Velvet Cake

Bahan :
2 1/2 cups (250 grams) tepung terigu protein rendah

1/2 sdt garam

2 tablespoons (15 grams) coklat bubuk yang tidak pekat

1/2 cup (113 grams) unsalted butter, suhu ruang

1 1/2 cups (300 grams) gula pasir (saya, 250 gr)

2 butir telur ukuran besar

1 sdt vanilla extract

1 cup (240 ml) buttermilk (saya 1 kotak susu ultra plain, dihangatkan + 1 sdm air jeruk perasan lemon)

2 sdm pewarna makanan warna merah (saya 1,5 sdt saja)

1 sdt cuka masak

1 sdt baking soda

Cara membuat :
1. Panaskan oven dengan suhu 175′ C dan siapkan loyang bundar dengan diameter 22 cm alasi kertas roti dan oles margarine.

2. Ayak tepung terigu, coklat bubuk dan garam, sisihkan.

3. Di mangkok yang lain kocok butter selama kurleb 1-2 menit. Masukkan gula pasir, kocok lg hingga lembut sela kurleb 2-3 menit. Masukkan telur satu per satu, kocok hingga rata. Masukkan vanilla, aduk rata.

4. Campur buttermilk dan pewarna makanan, aduk rata.

5. Bagi campuran terigu menjadi 3 bagian dan buttermilk menjadi 2 bagian. Masukkan 1/3 bagian tepung terigu ke dalam adonan, kocok dengan kecepan rendah. Kemudian sambil terus dikocok perlahan, masukkan 1/2 bagian buttermilk, berselang seling dan diakhiri dengan tepung terigu. Kocok hingga rata.

6. Dalam wadah kecil campurkan cuka masak dan baking soda, campuran ini nanti akan berdesis dan segera masukkan ke dalam adonan, aduk balik hingga rata.

7. Tuang ke dalam loyang, dan panggang dalam oven selama kurleb 25-30 menit hingga matang. Lakukan test tusuk. Setelah matang keluarkan dari oven dan dinginkan di atas rak kawat.

Cream Cheese Frosting

Bahan :
300 ml whip cream manis (saya kemaren pake merk Rich’s)
50 gr gula halus
250 gr cream cheese

Cara Membuat :
1. Kocok whip cream hingga kaku. Sisihkan.
2. Kocok cream cheese dan gula halus hingga lembut, lalu masukkan ke dalam kocokan whip cream, kocok rata sebentar. Siap digunakan.

Bahan lain :
200 gr DCC, lelehkan
100 gr Cadbury dairy milk atau coklat rasa apa saja, lelehkan
springkle warna warni, coklat chips warna warni untuk taburan, sesuai selera

Penyelesaian :
1. Hancurkan cake (saya pake pastry blender)
2. Masukkan cream cheese frosting secukupnya. Masukkan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai didapat adonan yg bisa dipulung.
3. Bentuk bulat2 adonan, letakkan dlm wadah datar simpan dalam freezer hingga bola2 cakenya mengeras.
4. Tusuk bola2 dengan coklat stick yang ujungnya sudah dicelupkan ke dl coklat cair kurleb 1 cm.
Setelah semua bola2 sudah diberi stick masukkan ke lemari es lagi.
5. Celup bola2 satu persatu ke dalam coklat leleh, lalu hias cake pops sesuai selera.

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Brandy Snaps

PR LBT #15
Tema : Brandy Snaps

 

Seneng deh dapet PR yang bener2 ga pernah terbayangkan bakal membuatnya. Boro2 mikirin bikinnya, kenal aja nggak… Ternyata bener kata pepatah “tak kenal maka tak sayang”.. Pepatah itu berlaku buat PR kali ini. Begitu PR diumumin, sempet kerut2 niy kening… “Duuuuhh… makanan apaan lagi sih iniii?? Namanya aja baru denger… Gimana rasanya?? Dan sebagainya dan sebagainya…”
Pertama ngerasain makanan ini, lidah ga bisa terima karna manis banget. Tapi suatu hari pas perut laper ga ada cemilan cuma ada BS ini, eeeehh lha kok jd enak yaa… Dan akhirnya doyan… Iseng2 aku bungkus BSnya pake roti tawar, enak jg ternyata… *selera makan yg aneh, kata Vivi Nowotny… hihihihihi…*
Bu Vivi, makasih ya udah ngenalin sama makanan yg satu ini… Biarpun pake acara gagal bikinnya, tp ga kapok kok… πŸ™‚

LBT #15

BRANDY SNAPS
source : http://www.poiresauchocolat.net/2011/12/brandy-snaps_29.html

Bahan :
50 gr golden syrup
40 gr gula kastor
50 gr unsalted butter
40 gr tepung terigu
1 sdt jahe bubuk (saya pake serutan kulit jeruk lemon)
sejumput garam
1 sdt brandy (saya ganti dengan air perasan jeruk lemon)

Cara membuat :
1. Panaskan oven 180 derajat celsius (saya 170 derajat). siapkan loyang (saya pake loyang teflon)
2. Lelehkan syrup dengan gula dan butter dalam panci kecil dengan api sedang, aduk hingga tercampur rata dan lembut. Matikan api, masukkan tepung terigu, parutan kulit jeruk dan garam, aduk rata. Masukkan air perasan jeruk lemon, aduk rata.
3. Ambil adonan sebanyak 1 sendok makan, tuangkan di atas loyang, beri jarak.
Oven selama kurang lebih 10 menit (saya, 6 menit) atau hingga berwarna keemasan.
4. Siapkan sendok kayu dengan gagang yg bulat, olesi minyak.
5. Jika sudah matang, segera lepaskan dari loyang dan gulung kulit dalam keadaan hangat. diamkan beberapa saat, lalu lepaskan dari gagang sendok kayunya.
6. Lakukan cepat hingga adonan habis.
7. Setelah kulit dingin dan mengeras, isi dengan whip cream yg telah dikocok dengan cara disemprotkan ke dalam gulungan.
Atau hidangkan dengan dengan es krim.

Selamat Mencoba, happy baking dan salam LBT…^_^

Posted in Uncategorized | Tagged , | Leave a comment

Melonpan

PR yang ga sempet disetorin bulan kemaren… ga pa2 deh absen ga setor, yg penting ga absen ngerjain PRnya.. πŸ™‚

LBT #14

resepnya cookiesnya dari sini : http://home-baking.net/english/bread/melon-bread.php

sedangkan resep rotinya coba2 pengen pake resep tang zhong, resepnya aku liat di sini : http://vivianpangkitchen.blogspot.com/2011/03/loaf-bread-water-roux-method.html

ini dia resepnya…

Melonpan / Melon Bread

Bun Dough
~Water Roux/ Tangzhong Starter
50g bread flour
250ml water

~Bread Dough
(A)
120g water roux starter (saya, 180 gr)
110ml water(milk) (saya, 160 ml susu UHT)
55g sugar (saya, 80 gram)
5g salt

(B)
350g bread flour (saya, 525 gr)
7g milk powder (saya, 10,5 gr)
6g yeast (saya, 9 gr)

(C)
30g oil/ butter (saya, 45 gr butter)

Methods:
~ Water Roux/ Tangzhong Starter
1. Campur tepung dan air, aduk rata sampai campuran ini halus. Masak dengan api kecil sampai mengental, sekitar 2-3 menit.

2. Matikan api. Tutup dengan plastik wrap, dinginkan. Ini dimaksudkan agar permukaan adonan tidak kering.

~ Bread Dough
1. Campurkan bahan A.
2. Lalu masukkan bahan B. Uleni hingga tercampur rata. Perhatikan kelembaban adonan, jika terlalu kering, tambahkan air.

3. Lalu masukkan butter, uleni hingga kalis elastis. Tutup dan istirahatkan selam kurang lebih 45 menit.

4. Kempeskan, bagi adonan seberat 50 gr, bulatkan dan istirahatkan selama 10 menit.

5. Isi adonan (bila menggunakan isian), bulatkan lagi dan istirahatkan selama kurang lebih 45 menit.

Cookie Dough

40 gr butter (saya, 100 gr)
40 gr sugar (saya, 100 gr)
40 gr egg (saya, 100 gr)
grated lemon zest (saya ga pake)
1 drop lemon essence (saya, ga pake)
120 g cake flour (saya 300 gr)
1,5 tsp baking powder (saya, 1 sdt)

Topping
granulated sugar

Cara membuat :
1. kocok butter dan gula hingga lembut, masukkan tekur, kocok rata.

2. masukkan terigu yg sudah diayak bersama baking powder, aduk dgn spatula smp rata.

3. bagi adonan seberat 30 gr. bulatkan. simpan dlm lemari es.

4. pipihkan adonan, lalu tutup adonan roti dengan adonan cookies. kerat2 permukaannya dan masukkan ke gula pasir tekan lembut agar gula pasir menempel.

5. letakkan di atas loyang, oven dengan suhu 200 derajat celsius selama 12-15 menit.

Selamat mencoba, happy baking dan salam LBT… ^_^

Posted in Uncategorized | Tagged , , | Leave a comment

English Muffin

LBT #13
Tema : English Muffin

Alhamdulillah, kita sampai di PR ke 13, the lucky number *sama ma nomor rumahku*… ^_^

PR kali ini temanya English Muffin. Pertama tau si EM ini liat di brosur McD.. Tapi blom sempet nyobain, udah keburu jadi PR. Pas baca deskripsi PRnya langsung seneng, soalnya ada kata2 “sejenis roti”… Paling bikin yg sejenis2 roti gini, karena bisa buat sarapan dan bekal sekolah atau ke kantor.. Dan ternyata bikinnya pun ga ribet. Ga kapok deh bikin lagi dan lagi… πŸ™‚
LBT #13(1)
sumber resepnya dari link yang dikasih host Vivi : http://www.youtube.com/watch?v=B6WoZpBFo40English MuffinBahan :
1 bungkus ragi instan —– aku, 1/2 bungkus
1 cup (250 ml) air hangat kuku
2 sdm gula pasir ———— aku, 1 sdm
1 cup (250 ml) susu —— aku, 150 ml, panaskan sampe hangat aja
3 sdm butter ————— aku, 50 gram, lelehkan
1 sdt garam
5 cup (700 gr) ————- aku, 400 gr tepung terigu protein tinggi dan 200 gr tepung protein sedang
corn meal ——————– aku, tepung beras, untuk taburan

Cara membuat :
* Larutkan ragi instan, gula pasir dan air hangat, diamkan kurang lebih 5 menit.
* Campurkan susu hangat, garam dan butter yg telah dilelehkan, aduk rata, sisihkan.
* Setelah larutan ragi berbusa, masukkan campuran susu dan tepung terigu. Uleni hingga kalis kurang lebih 10 menit.
* Tutup mangkuk adonan dengan plastik wrap, istirahatkan sampai adonan mengembang 2x semula.
* Keluarkan dari mangkuk, letakkan di atas meja yang sudah ditaburi tepung agar tidak lengket.
* Gilas adonan setebal kurang lebih 1 cm, cetak dengan menggunakan cookies cutter berbentuk lingkaran (aku pake mulut gelas), lalu tata adonan yg sudah di setak tadi di atas loyang yg sudah ditaburi corn meal atau tepung beras dan taburi juga permukaannya.
* Tutup dengan serbet bersih, dan istirahatkan lagi kurang lebih 5 – 10 menit.
* Panggang di atas wajan teflon dengan api kecil kurang lebih selama 10 menit atau sampai matang. Bolak balik agar tidak gosong.
* Sajikan dengan dioles selai favorit keluarga, dibuat sandwich atau sesuai selera.

LBT #13
untuk 23 buahselamat mencoba….
Posted in Uncategorized | Leave a comment

Chocolate Truffle Cake

LBT #12
Tema : 1st ANNIVERSARY LBT

Happy birthday to you…. Happy birthday to you… Happy birthday dear LBT… Happy birthday LBT…Horeeeeee….!!!
LBT ulang tahun yg pertama… semoga LBT makin jayaaa… ^_^

ternyata dikasih PR dengan tema yg dibebasin malah bingung… karna terlalu banyak pilihan, akhirnya bingung memutuskan mo bikin apaaaa…
disaat kebingungan ada yang pesen Chocolate Truffle Cake.. heheeee… pucuk dicinta ulam tiba… sambil menyelam minum teh botol dingin (appaaa seeehh??)…
pesenan ini bisa sekalin bwt PR nih… Alhamdulillah… meskipun lg ga ada ide pisan bwt jeparat jepretnya, tp tetep pengen berpartisipasi dooong… pokoknya ga mau bolos setor PR kecuali emang bener2 kepepet… πŸ™‚

ibu2 host tersayang, meskipun ga cantik, CTC ini kupersembahkan tuluuuus bwt LBT yg lg ulang tahun… ^_^

LBT #12
Resep CTCnya nyatet waktu latbar tempo hari, pake resepnya kang Yadi HF..enak tenan lho, teman2… ga percaya aku bisa juga bikin ginian.. hihihi… yang pengen nyobain, ini resepnya yaaa… πŸ™‚

Chocolate Truffle Cake

bahan :
1 lembar sponge cake coklat ukuran 30 x 30 cm
simple syrup
500 gr DCC (collata)
250 ml fresh cream (elle & vire)
500 ml fresh cream (elle & vire), kocok setengah kaku
25 gr coklat bubuk (schoko)
20 gr gelatin + 100 ml air, larutkan

cara membuat :
1. potong2 sponge cake coklat dengan menggunakan mika yg gulung yang sudah disiapkan. perciki permukaan cake dengan simple syrup. sisihkan.

2. panaskan fresh cream, lalu masukkan DCC yg sudah dipotong2. aduk smp DCC meleleh, tp jangan terlalu panas ya…

3. masukkan campuran DCC ke dalam kocokan fresh cream yg sudah dikocok setengah kaku, kocok sebentar hingga rata. masukkan coklat bubuk, kocok rata. terakhir masukkan larutan gelatin, kocok rata.

4. masukkan ke dalam plastik segitiga, semprotkan di atas cake. taburi coklat bubuk, hias sesuai selera.

5. simpan dalam lemari es minimal 2 jam.

6. siap disajikan.

sponge cake coklat

bahan :
150 gr mentega/margarine, lelehkan
6 butir telur
150 gr gula pasir
1 sdm emulsifier
1/2 sdt garam
100 gr tepung terigu serba guna
25 gr maizena
25 gr coklat bubuk
1 sdm pasta black forest atau pasta coklat

cara membuat :
1. lelehkan mentega, jangan smp mendidih. cukup smp leleh saja.

2. kocok telur, gula pasir, garam, emulsifier, tepung terigu dan maizena dengan kecepatan tinggi sampai mengembang dan kental.

3. masukkan coklat bubuk yang sudah diayak, sambil terus dikocok dengan kecepatan rendah.

4. masukkan pasta black forest dan mentega cair, aduk balik.

5. tuang ke dalam loyang ukuran 30 x 30 cm yang sudah diolesi mentega dan dialasi kertas roti.

6. panggang dalam oven suhu 180 derajat celcius selama 30 – 40 menit (tergantung oven masing2 yaa…) atau samapi matang. lakukan test tusuk.

7. bila sudah matang, sponge cake siap digunakan sebagai base.

gampang banget kaaaann??? ayooo… cobain bikin yuuukk…
kalau ga sempet bikin sponge cake, base CTC ini bisa diganti dengan biscuit yang diancurin + mentega cair. aduk rata, simpen di freezer sampai beku. lebih praktis… ^_^

selamat mencoba

Posted in Uncategorized | Tagged , , | Leave a comment

TRES LECHES CAKE ( Pastel de Tres Leches )

LBT #11
Tema : TRES LECHES CAKE ( Pastel de Tres Leches )

ga nyangka akhirnya bikin PR juga…. hehehe… soalnya kemaren2 banyak kejadian2 tak terduga… Alhamdulillah, ga sampe bolos ngumpulin PR…
Jujur, aku ngerjain PR dengan sangat setengah hati… dan udah sanga pasrah, berhasil ato ga, tetep mo dikumpulin PRnya… ternyata pas udah jadi dan diicipin, alamaaaaaakkk…. enak bener sih ini cake… sampe nyeseeeelll banget, kenapa bikinnya ga serius… maaf ya host Vivi Nowotny, nanti lagi nggak “nakal” deh…. hehe… dan makasih banget untuk PRnya kali ini… enak pisan, semua suka… ^_^
LBT #11
resepnya pake resep yang diposting teh vivi di group, cuman SKMnya aku kurangin dikit jumlahnya…

aku copas yaaa…

Tres Leches Cake ( Pastel de Tres Leches )
Source by The Pioneer Woman
Modified by Vivi Nowotny

Bahan :

140 gram tepung terigu

1 Β½ sendok teh baking powder

ΒΌ sendok teh garam

5 butir telur, dipisahkan

180 gram gula pasir, ( dibagi menjadi 140 gram dan 40 gram )

1 sendok teh vanili

80 ml Susu cair

Bahan siraman :

350 ml susu evaporated (aku, 380 ml = 1 kaleng)

350 ml susu kental manis (aku, 200 ml)

60 ml krim kental

Untuk Frosting :

250 ml krim kental

3 sendok makan gula pasir

Caranya :

1. Panaskan oven ke 180 derajat celcius. Olesi tipis dengan butter pada loyang 9×13 inchi. Sisihkan.

2. Ayak tepung, baking powder dan garam; sisihkan.

3. Dalam mangkuk besar. Dengan menggunakan mixer kecepatan tinggi , kocok kuning telur dan 140 gram gula pasir hingga kental dan berwarna pucat. Tambahkan susu cair dan vanili kedalamnya, kocok kembali hingga tercampur rata – kocok sebentar saja.

4. Tuang campuran kuning telur tadi ke dalam campuran tepung dengan menggunakan spatula karet, dengan teknik aduk balik secara perlahan sampai tercampur rata.

5. Kocok putih telur dengan kecepatan tinggi hingga mengembang, kemudian masukan 40 gram gula pasir. Kocok kembali hingga SOFT PEAK ( yaitu dikocok hingga kaku tetapi tidak kering – Untuk pembahasan Soft Peak ini pernah di ulas secara detail oleh Ricke ‘Bunda Nadhifa’ Indriani saat LBT# COTTON CAKE yang lalu ).

6. Masukan 1/3 adonan tepung kedalam adonan putih telur dengan menggunakan Spatula karet, aduk rata. Kemudian masukkan kembali campuran Putih telur tadi ke dalam adonan tepung, ( Tehnik ini disebut tehnik pancing agar adonan dapat tercampur sempurna ). Aduk – aduk adonan perlahan dengan cara di aduk balik sampai tercampur rata ( homogen ).

7. Tuangkan adonan kedalam loyang. Panggang selama 35 sampai 45 menit ( gunakan dengan test tusuk ). Angkat loyang kue dan biarkan dingin selama kurang lebih 1/2 – 1 jam. Sementara itu untuk membuat siraman, campur dan aduk rata susu kental, susu evaporated dan krim kental di dalam wadah. Sisihkan.

8. Setelah cake dingin. Tusuk – tusuk perlahan permukaan cake menggunakan tusuk gigi atau garpu, dibeberapa bagian cake agar saat cake disiram dengan susu akan terserap lebih baik dan susu tidak menggenang di atas permukaan cake.

Secara perlahan siramkan campuran 3 Susu tadi diatasnya ( saat di siramkan, cake masih di dalam loyang).

9. Masukkan Cake ke dalam lemari es dan biarkan susu sampai betul – betul menyerap ke dalam cake sampai betul betul terserap – kurang lebih 8 jam ( semalam ). Dengan begitu susu akan terserap baik dan tekstur cake akan lebih lembut dan berongga.

10. Frosting : campur semua bahan hingga mengembang dan lembut.

11. Penyajian. Berikan frosting diatas cake merata atau dapat menggunakan spuit, potong – potong ( atau bisa juga setelah cake di potong terlebih dahulu lalu di berikan frosting ), sajikan di atas piring dan beri hiasan buah cherry atau lainnya, jika suka.

beneran deh…. yang blom pernah nyoba, harus nyobain…. yang ga suka manis, SKMnya bisa dikurangin lg jumlahnya, soalnya aku pake 200 ml aja masih terasa manis banget buatku…. tp secara keseluruhan, aku sukaaaa cake ini…. lembut, enak apalg pas udah nginep dikulkas semaleman, udah gitu bikinnya pun gampang… tadinya baca resepnya nampak ribet, tp setelah dikerjain ternyata gampaaaang dan ga seribet seperti yang dibayangin… ^_^

selamat mencoba ya, teman2….

Posted in Uncategorized | Tagged , , | Leave a comment